Sepuluh Bunga Hidup Bahagia

1. Bangun di saat menjelang fajar untuk beristighfar.
2. Menyendiri untuk bertafakkur.
3. Menjalin hubungan dengan orang salih.
4. Berdzikir.
5. Melakukan shalat dua rakaat dengan khusyu.
6. Membaca Al-Qur'an dengan taddabur.
7. Berpuasa pada hari yang sangat panas.
8. Melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi.
9. Meringankan beban seorang muslim.
10.Berlaku zuhud terhadap sesuatu yang sifatnya fana.
Salah satu yang menjadikan anak Nabi Nuh sengsara adalah karena ia berkata:
{Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah}.
(QS.Hud:43)
Seandainya dia mencari perlindungan kepada Rabb langit dan bumi,maka itu akan jauh lebih baik,lebih mulia dan lebih selamat.
Namrud menjadi sengsara karena dengan congak berkata,"Sayalah yang menghidupkan dan mematikan."Dengan berkata demikian berarti ia telah memakai pakaian yang bukan miliknya dan mencuri sifat yang tidak halal baginya.Akibatnya ia pun di buat tak berkutik dan tak berdaya.
Kunci kebahagiaan ada pada satu kata.Warisan agama ada pada sebuah ungkapan.Dan panji kemenangan terletak pada sebuah kalimat.Kata,ungkapan,dan kalimat itu adalah:La ilaha illallah,muhammad rasulullah.
Kebahagiaan seseorang yang mengucapakan itu di bumi,adalah saat kelak di langit akan di katakan kepadanya,"Engkau benar."
Kebahagiaan orang yang mengamalkannya adalah jaminan bahwa dia akan selamat dari kehancuran,cela,cacat dan neraka.
Kebahagiaan orang menyeru kepada sesama untuk sama-sama kembali kepada syahadat di maksud adalah jaminan akan di tolong,di bantu dan akan dikatakan terima kasih kepadanya.
Kebahagiaan orang yang senang terhadap syahadat ini adalah jaminan akan di angkat,di muliakan dan di hargai.
Bilal yang ketika mengucapkan kalimat ini masih dalam keadaan budak di kemudian hari ia menjadi seorang yang merdeka.
Sedangkan Abu Lahab al-Hasyimi sangat angkuh untuk mengucapkannya,makaia pun meninggal sebagai seorang hamba yang hina dina.
Dengan demikian kalimat syahadat tersebut adalah mukjizat yang telah mendorong manusia dari wujud yang tidak berharga ke arah puncak keimanan rabbaniyah yang suci.
Jangan pernah berbangga dengan dunia jika Anda berpaling dari akhirat.Sebab siksa yang pedih sedang berada di jalan Anda.Kehinaan dan kepedihan telah siap menunggu.
Jangan pernah berbangga dengan anak keturunan kalau pada saat yang sama Anda berpaling dari Yang Maha Tunggal,Rabb Tempat Bergantung semua makhluk.Sebab berpaling dari-Nya berarti kehinaan yang tiada berhingga,kerugian yang teramat besar,dan kenistaan yang paling keji.
Jangan pula pernah berbangga dengan harta benda yang melimpah,jika Anda ternyata masih melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik.Sebab perbuatan itu hanya menyengsarakan,menyebabkan kerugian selama menempuh perjalanan,dan akan menjadi laknat kelak di akhirat.

{Dan,sesungguhnya siksa akhirat itu lebih menghinakan} (QS.Fushshilat:16)

1 Response to "Sepuluh Bunga Hidup Bahagia"

  1. Menjaga diri dalam hal menjauhi perbuatan buruk adalah sikap yang tepat pada masa sekarang dimana pergeseran nilai banyak terjadi pada semua hal, yang buruk berubah menjadi baik dan yang baik berubah menjadi buruk.

Posting Komentar

Powered by Blogger