SENDI-SENDI KEBAHAGIAAN

Sendi adalah hati yang selalu bersyukur,lidah yang terus berdzikir,dan tubuh yang selalu senantiasa bersabar.Syukur,dzikir dan sabar,mengandung nikmat dan ganjaran.
Salah satu tanda kebahagiaan seorang hamba adalah menyembunyikan rahasia dirinya dan merencanakan jalan hidupnya.
Di sebutkan bahwa ada seorang Badui yang mendapat kepercayaan untuk menyembunyikan sebuah rahasia dengan imbalan sepuluh dinar.Namun ia merasa tidak betah dengan rahasia tersebut.Kemudian dia pergi menemui pemilik dinar.Ia mengembalikan dinar itu,dan membuka rahasia yang di bebankan kepadanya.Kesimpulannya,menyembunyikan rahasia itu butuh ketahanan,kesabaran dan tekad yang kuat.
{Janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu}.(QS.Yusuf:5)
Karena sesungguhnya titik lemah yang ada pada manusia adalah menyingkap lembaran-lembaran kehidupannya kepada manusia,menyebarkan rahasia-rahasia hidupnya kepada mereka.Ini merupakan penyakit lama,penyakit menahun yang menjangkiti manusia.Karena jiwa manusia memang cenderung untuk menyebarkan rahasia dan menyebarkan berita.
Hubungannya dengan masalah kebhagiaan adalah bahwa siapa saja yang menyebarkan rahasia dirinya,maka umumnya mereka akan mengalami penyesalan,kesedihan dan kegelisahan.
Al-Jahizh memiliki kata-kata sangat indah dalamkumpulan risalah sastranya berkenaan dengan soal menjaga rahasia.Karena saya anjurkan kepada pembaca untuk merujuk ke tulisan-tulisannya.dalam Al-Quran di sebutkan:
{Dan,hendaklah dia berlaku lemah lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun}.(QS.Al-kahfi:19).
Kebahagiaan itu adalah keriangan hati,karena kebenaran yang di hayatinya.Kebahagiaan adalah kelapangan dada,karena prinsip yang menjadi pedoman hidup.Juga kebahagiaan adalah ketenangan hati,karena kebaikan di sekelilingnya.
Sumber-Sumber Kebahagiaan.
1.Amal shalih.
2.Istri shalihah.
3.Rumah yang luas.
4.Penghasilan yang baik.
5.Akhlak yang baik dan penuh kasih terhadap sesama.
6.Terhindar dari impitan utang dan sifat boros.

0 Response to "SENDI-SENDI KEBAHAGIAAN"

Posting Komentar

Powered by Blogger